Senin, 17 Maret 2014

Teknologi Pesawat Jumbo Jet


Met malem agan2 semua„ di malam yg sunyi ini. Ane bakal ngshare ttg pesawat super besar dan keren.
Ini model pesawat Super Jumbo Jet Airbus A380.

Ini adalah fto ketika pesawat airbus A380 di singapura gan, Pesawat ini pertama kali terbang untuk komesil pada tahun 2007 di Singapura. Dengan rute Singapura – Sydney. Bahkan menurut kabar bandra udara d sydney rela mengeluarkan dana untuk memperbaiki bandara, agar ni pesawat bisa landing d sydney. Soalnya ni pesawat gede baget jd jalan untuk landing harus lebar, beda sama pesawat biasanya.

Nah, kalo ini bagian interior dari pesawat ini, ini adalah untuk kelas ekomoni. Terlihat isinya lbh besar dan luas dr model2 peswat lainnya.

Kalo ini bagian cockpit gan, pesawat ini juga bisa mengkoreksi kesalahan program dr pilot so akan mengurangi human error. Misalnya nih ada di depan ada puncak gunung dan pilot memasukan program yg salah sehingga pesawat akan menabrak. Maka secara otomatis pesawat ini akan menolak program pilot, dan meminta untuk d program ulang. Ini juga jadi keuntungan untuk mengurangi biaya training pilot.


Nah apa hubungannya nih sayap pesawat sama burung elang ? Jawabannya ada di aerodinamis gan, kita tahu bahwa burung elang adalah penerbang yang baik d udara, mereka kuat, cepat dan aerodinamis. Maka sayap pesawat ini terinpirasi dari model sayap burung elang.

nah untuk lbh jelasnya seperti ini gan, hubungan aerodinamis antara sayap pesawat dengan sayap burung elang.

Pengguanaan material pesawat pun harus tepat, kita tahu bahwa di udara akan bayak sekali gangguan. seperti burung2 yg beterbangan, gangguan cuaca, layang – layang mungkin ato yang lainnya.
Dan material yang bayak di gunakan untuk pesawat yaitu komposite.
Komposite ini adalah campuran dua material yang digabung menjadi satu, sehingga kekurangan dari satu material akan di tanggulangi oleh kelebihan material satunya lagi.

Bahan komposite yang pertama yaitu alumunium. Alumunium ini adalah bahan yang ringan, mudah di dapat, mudah di bentuk, dan harganya relatif murah. Namun material ini tidak terlalu kuat jika di beri tekanan tinggi, bayangkan jika ada burung menabrak pesawat dr bahan alumunium, bisa2 bodi pesawatnya penyok2 semua. Makanya kekurangan ini bisa ditutupi oleh fiberglass.

Bahan komposite satunya lagi yaitu fiberglass. Bahan ini berasal dari gelas yang dipanaskan, lalu ditarik sehingga terbentuk benang2 dr gelas. Kemudian benang2 tersebut di tenun menjadi berupa lembaran. Lembaran2 tersebut kemudian diberi resin agar kaku.

Nah, dari kedua bahan alumunium dan fiberglass ini dibentuk menjadi satu yang dinamakan komposite. Ilustrasinya seperti gambar di atas.

Sekarang kita berbicara tentang pintu darurat. Sistem emergency exit dr pesawat ini yaitu dengan menggunakan balon, jado ketika dalam keadaan darurat para penumpang akan keluar dr pesawat menggunakan serodotan balon.

Namun, uniknya balon segede ini akan terbentuk cuma 4 detik. Nah, mompa nya gimana nih kalo cuma waktu 4 detik biar bisa bikin balon sgede ini? niup balon ulang taun aja lbh dr 4 detik kan? haha.

Ini lah jawabannya gan. Rocket
kalo di perhatika roket akan mengeluarkan gas buang kan? nah gas itu di masukan ke dalam balon gan, tapi dengan memberikan lubang. Lubang buat apa fungsinya? bocor dong? Jadi gni dengan tekanan tinggi dari gas buang roket, akan menarik udara sekitar agar masuk ke dalam roket, udara sekitar akan masuk dri roket. Pelajaran fisika wktu smp gan hehe..
Dan karena hal ini, pesawat ini bisa menyedian pintu darurat hanya dalam waktu 4 detik gan.

Sekarang kita berbicara landing gan, pesawat super jumbo ini harus bisa menahan beban yang sangat besar ketika landing. Ibaratnya agan jatuh dr ketinggian yg sangat tp pas nyampe k bawah agan gak apa.
Nah ini gan rahasianya gan.

Pompa sepedah?? yoaaa gan.
Jadi mereka cuma butuh silinder dan piston seperti pompa sepedah itu, Dalem silinder akan diisi oleh cairan, maka ketika landing piston akan menekan k cairan dari silinder ini yang akan menghambat tekanan dr piston, sehingga pesawat akan landing dengan perlahan.


Yaa„ mungkin segitu aja gan share ane.. Lumayan cape juga nilis ky gni hehe… Semoga bisa bermanfaat buat agan2 sekalian.
Sumber : http://www.kaskus.co.id/thread/52ab1d510e8b46722a000001/kecanggihan-pesawat-super-jumbo-jet-airbus-a38/

1 komentar: